Sabtu, 03 September 2016

NIKMATNYA SURGA DAHSYATNYA NERAKA

Sedikit catatan ketika pelaksanaan pesantren kilat yang diselenggarakan di sekolah bulan ramadhan kemarin. Salah satu pemateri kita adalah Pak Agus, yang membawakan materi dengan judul “ NIKMATNYA SURGA DAN DAHSYATNYA NERAKA “. Ini adalah materi kedua yang menurutku menarik selain materi “ DEEP THINKING “, yang disampaikan pemateri Pak Zuu.

Mendengar kata SURGA, hati sudah merasa damai. Itu baru mendengarnya, apalagi ketika kita singgah didalamnya.  Subhanallah, semoga saja kita termasuk ahli surga. Aamiin. Sebaliknya, mendengar kata NERAKA, hati langsung bergidik ngeri, membayangkan bagaimana siksaan Allah terhadap penghuni neraka yang digambarkan dalam Al-Qur’an.

Surga jauh lebih baik dari Neraka bagi orang-orang yang beriman. Sebagai seorang muslim, tentu kita merindukan nikmat dari surga.  Nikmat surga, yang diantaranya :

1)      Merasakan nikmatnya sungai susu, sungai madu, dan sungai arak

Arak di surga tentu berbeda dengan arak di dunia. Arak di surga bukanlah minuman keras yang memabukkan, dan arak di surga tidaklah haram seperti arak di dunia. Karena itulah, barang siapa yang mencicipi arak di dunia, maka dia tidak akan mencicipi arak di surga (yang tentu jauh lebih lezat dan nikmat rasanya).

2)      Mendapatkan isteri yang masih belia dan berumur sebaya

Disurga kelak, kita akan mendapatkan pasangan seperti halnya ketika didunia. Tapi, pasangan kita di surga bisa saja berbeda dengan pasangan kita ketika dunia, karena kita akan mendapatkan pasangan yang memiliki keshalehan yang sama dengan kita.

3)      Hidup kekal dengan nikmat lahir dan batin

Siapa yang menginginkan hidup kekal dengan nikmat lahir dan batin? Kita semua tentu menginginkannya, karena itu merupakan salah satu nikmat bagi penghuni surga. Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW, bahwasanya “ Siapa yang masuk surga akan selalu merasa nikmat, tidak pernah susah, pakaiannya tidak pernah rusak, dan kepemudaannya tidak pernah sirna “ (H.R Muslim).

4)      Diberi umur muda

Seperti apa yang dikatakan Allah SWT, bahwasanya semua penghuni surga tidak ada yang tua, lanjut usia, ataupun anak-anak. Melainkan, penghuni surga akan memiliki usia yang sama, yaitu 17 tahun.

5)      Memandang wajah Allah yang mulia

Ini dia nikmat Surga yang paling dirindukan umat muslim, yang menjadi inti nikmat surga yang lain. Seperti apa yang dijabarkan dalam Q.S Al-Qiyamah ayat 22 sampai 23, yang artinya :

“ Wajah-wajah (orang mu’min) pada waktu itu berseri-seri (indah). Kepada Rabb-nyalah mereka melihat “

Dan dalam Q.S Yunus ayat 26, yang artinya :

“  Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik dan tambahannya (melihat wajah Allah Azza wa Jalla). Dan muka mereka tidak ditutupi oleh debu hitam dan tidak (pula) dalam kehinaan. Merekalah penghuni surga. Mereka kekal didalamnya “

Subhanallah, suatu kenikmatan yang luar biasa, yang tidak ada tandingannya.

Lalu, apa kedahsyatan neraka dan apa saja siksaan Allah terhadap penghuni neraka? Inilah diantaranya :

1)      Kulit mereka diganti dengan yang baru
2)      Bara apinya membakar sampai ke ulu hati
3)      Mereka diseretkan ke neraka atas wajah mereka
4)      Minuman mereka seperti besi yang mendidih
5)      Tubuh mereka membesar

Sementara penghuni neraka itu sendiri, terbagi menjadi beberapa golongan, diantaranya :

1)      Jahannam : Orang yang mengaku Tuhan
2)      Laza : Orang yang menyembah api
3)      Al-Huthamah : Orang yang menyembah berhala
4)      Saqar : Orang-orang Yahudi
5)      As-Sa’ir : Orang-orang Nasrani
6)      Jahim : Orang Shabi’ah (penyembah selain Allah SWT)
7)      Hawiyah : Golongan Tauhid yang bermaksiat


A’udzubillah himindalik, semoga Allah SWT memelihara kita dari siksa api neraka. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTANYAAN BERNILAI :-)

" Apakah kita harus bersikaf ridho ketika disakiti oleh orang lain? " Pertanyaan sederhana yang bernilai itu menjadi daya tarikk...