Sabtu, 08 Agustus 2015

3 CARA MENGATASI KETIDAK SUKAAN KITA TERHADAP SALAH SATU MATA PELAJARAN DISEKOLAH

Punya mata pelajaran yang gak disukai, adalah hal yang wajar buat kita sebagai seorang siswa/siswi, termasuk juga denganku. Dari dulu, sejak aku duduk dibangku sekolah tingkat dasar, aku tidak terlalu memikirkan tentang semua mata pelajaran yang ada. Atau bisa dikatakan, semua mata pelajaran yang ada di tingkat Sekolah Dasar itu bernilai sama. Gak ada yang susah, gak ada yang gampang, gak ada yang gampang-gampang susah, atau yang susah-susah gampang. Jadi, semua same.
            Tapi, semakin aku duduk dibangku  kelas Sekolah Dasar yang lebih tinggi lagi, aku mulai merasakan kesulitan dalam salah satu mata pelajaran yang ada disana. Bahkan, cuma baca nama mata pelajarannya aja, udah ngeri duluan, seolah itu merupakan sesuatu hal yang menakutkan, sebanding dengan film horror ter-horror horror-nya di dunia ini. Jadilah, efek dari ketidak sukaan ku terhadap salah satu mata pelajaran tersebut, membuat aku jadi enggan dan males untuk mempelajarinya. Dan buruknya, hal itu masih terus berlanjut sampai tingkat Tsnawiyah. Bahkan, ditingkat tsanawiyah, aku sampai bisa beranggapan kalau mata pelajaran yang tidak aku sukai itu adalah kelemahanku.
            Tapi ternyata, mata pelajaran yang gak aku suka itu, bisa menjadi mata pelajaran yang aku suka sekarang. Percaya gak percaya, kamu harus percaya. Ini terjadi ditingkat Aliyah. Ditingkat aliyah, aku mulai bisa sedikit demi sedikit menghilangkan ketidak sukaan ku terhadap mata pelajaran tersebut. Sampai akhirnya, rasa ketidak sukaaanku terhadap mata pelajaran tersebut pun hilang, walau bukan benar-benar hilang. How I can do it?
Inilah cara mengatasi ketidak sukaan kita terhadap salah satu mata pelajaran di sekolah, atau membuat mata pelajaran yang tidak kita sukai justru malah kita sukai :
1.     Terima apa adanya.
Artinya, kita harus terima-terima aja kalau kita tuh gak suka sama pelajaran itu. Jangan membohongi diri sendiri, jujur aja sama diri kamu dan temen sekelas kamu, kalau kamu tuh gak suka sama mata pelajaran itu. Jangan mentang-mentang temen sekelas kamu tidak memiliki ganjalan terhadap mata pelajaran yang tidak kamu sukai tersebut, kamu jadi ikut-ikutan seperti mereka. Padahal, dalam hati, kamu ngerasa enek banget sama mata pelajaran itu.
  Jadi, terima apa adanya, kalau kamu tuh gak suka sama mata pelajaran itu. Kemudian, nikmatin ala kadarnya. Artinya, nikmatin aja rasa tidak suka kamu terhadap mata pelajaran tersebut. InsyaAllah, dengan perasaan kamu yang seperti ini, kamu tidak akan mengalami ketegangan, kegrogian, kefrustasian saat mata pelajaran yang tidak kamu sukai itu berlangsung dikelas.
2.     Paksakan diri untuk mempelajarinya.
Cara untuk bisa cepat memahami sebuah mata pelajaran, umumnya kita harus menyukai mata pelajaran itu terlebih dahulu. Dengan kita menyukai pelajaran tersebut, maka ilmu yang terdapat dalam mata pelajaran tersebut pun dapat mudah dan cepat kita serap (pahami). Tapi, bagaimana kalau kita sama sekali gak suka sama mata pelajaran itu? Jawabannya : Ya paksain aja. Daripada kita tidak mendapatkan ilmu sama sekali dari mata pelajaran tersebut, mending kita paksakan diri saja untuk mempelajarinya walau pemahaman yang kita dapat sedikit atau akan loading. Gak papa. Ini lebih baik daripada orang yang tidak menyukai salah satu mata pelajaran disekolah, malah tidak ikut belajar saat jam pelajaran mapel tersebut berlangsung dikelas. Udah mah gak suka, gak mau belajar pula.
            Yang jelas, jadikan mata pelajaran yang tidak kamu sukai itu, sebagai potensi atau peluang bagi dirimu untuk terus berusaha dalam belajar.
3.     Membiasakan diri untuk sering mempelajari mata pelajaran tersebut
Cara yang ketiga ini emang susah, sangat butuh pengorbanan yang besar. Tapi, cara inilah yang paling manjur ( bagiku ). Tau gak, ternyata sesuatu hal yang sering kita lakukan atau kita lihat, umumnya akan membuahkan ketertarikan atau kesukaan terhadap diri kita kepada sesuatu hal tersebut. Karna apa? Karna kita sering melakukan atau melihatnya. Misal, kita gak suka sama salah satu sinetron yang tayang disalah satu stasiun televisi, tapi dikarnakan dirumah kita mempunyai seorang kakak yang menggemari sinetron tersebut, bisa saja lama kelamaan kita juga akan ikut menggemari sinetron itu. Karna kita selalu ikut menontonnya bersama kakak dirumah, kita sering melihatnya, walau memang dengan terpaksa.
            Terhadap mata pelajaran yang tidak kita sukai pun demikian. Cobalah membiasakan diri sesering mungkin untuk mempelajari mata pelajaran yang tidak kita sukai tersebut. Dengan begitu, karna kita sudah sering mempelajarinya, insyaAllah lama kelamaan mata pelajaran yang tidak kita sukai itu justru malah kita sukai. Atau bahkan, menjadi satu-satunya mata pelajaran terfavorit disekolah.

            Itulah 3 cara yang menurutku mampu mengatasi ketidak sukaan kita terhadap salah satu mata pelajaran di sekolah, atau membuat mata pelajaran yang tidak kita sukai justru malah kita sukai. Semoga bermanfaat ya. Yang mau mencoba 3 cara tersebut, semoga manjur. Aamiin. J Tapi ingat ! Pada dasarnya, semua itu tergantung bakat atau kemampuan kita, serta keridhoan Allah SWT untuk menghendakinya.

            Untuk komentar silahkan kirim saja kealamat email suharyan167@gmail.com


Trimakasih J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTANYAAN BERNILAI :-)

" Apakah kita harus bersikaf ridho ketika disakiti oleh orang lain? " Pertanyaan sederhana yang bernilai itu menjadi daya tarikk...